14/08/11

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                         :     SMA NEGERI 7 KENDARI
Mata Pelajaran          :     BIOLOGI
Kelas/Program           :     X/UMUM
Semester                     :     1 (SATU)
Alokasi  Waktu           :     2 Jam Pelajaran

I.          Standar Kompetensi
1.       Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
II.        Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
III.      Indikator
1.       Menjelaskan ruang lingkup ilmu Biologi
2.       Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain
3.       Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
IV.      Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik ilmu biologi sebagai ilmu sains 
2.       Siswa dapat menjelaskan pengaruh perkembangan teknologi terhadap kemajuan ilmu biologi
3.       Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
4.       Siswa dapat mendeskripsikan objek-objek Biologi melalui kegiatan pengamatan di lingkungan sekolah
5.       Siswa dapat menganalisis manfaat mempelajari biologi bagi sains, lingkungan dan masyarakat.
V.        Materi  Pembelajaran
·         Ruang lingkup Biologi
VI.      Metode Pembelajaran
1.                          Model Pembelajaran       : Cooperatif Tipe STAD
2.                          Metode : Diskusi Informasi dan Penugasan
VII.    Langkah-langkah kegiatan
a.      Tatap Muka (Teori)  1 x 45 menit
1.       Kegiatan Pendahuluan
o   Motivasi               : Jelaskan defenisi Biologi
o   Apersepsi            : Guru menanyakan kepada siswa ciri-ciri suatu objek dikatakan mahluk hidup
2.       Kegiatan Inti
o  Guru menjelaskan materi tentang ciri mahkluk hidup yang menjadi obyek Biologi
o  Memberikan kesempatan kepada siswa mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum dipahami
o  Membagi siswa kedalam 5 kelompok
o  Masing-masing kelompok megidentifikasi makhluk hidup yang ditemukan di lingkungan sekolah kemudian di catat dalam tabel pengamatan dalam LKS 
3.       Kegiatan Penutup
o  Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
o  Pemberian kuis
b.      Penugasan Terstruktur 1x 25 menit
1.       Secara berkelompok siswa mencari bahan diperpustakaan yang membahas tentang peranan ilmu biologi di bidang pertanian, kesehatan dan industri
2.       Secara kelompok siswa mengerjakan LKS

c.       Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur 1x 20 menit
1.       Mendata komponen lingkungan sekolah yang menjadi obyek Biologi
2.      Menyusun laporan dan jawaban pertanyaan dalam LKS
VIII.  Sumber, Bahan dan Alat
1.       Sumber/Referensi  : Buku paket kelas X                              
2.       Bahan dan Alat                : LKS      
IX.      Penilaian
1.       Jenis Penilaian : - Pilihan Ganda, Uraian Singkat
2.       Instrumen         : Terlampir

1 komentar:

Mohon masukannya..