15/02/12

RPP Biologi Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : ........................
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                 : 1
Alokasi Waktu           : 1 jam pelajaran

Standar Kompetensi :  1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar     :  1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan                       : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,        Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli       lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·         Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

II.                Materi Ajar
·         Pengertian Biologi sebagai ilmu
·         Ciri-ciri makhluk hidup

III.             Metode Pembelajaran
·         Pengamatan-diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati ciri-ciri makhluk hidup.
·        Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
·     Siswa Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
·         Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B.     Kegiatan inti (30 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);
·         Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli             lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);

V.                Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·         Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
·         Buku Biologi Kelas X, Wigati Hadi Omegawati, Intan Pariwara
·         Bilogi Kelas X, Suwarno, BSE

VI.             Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)

Mengetahui,
Kepala Sekolah




(                                   )
NIP :

Kendari....................... 20....
Guru mapel Biologi



(                                           )
NIP : 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                 : 2 - 3
Alokasi Waktu           : 3 jam pelajaran

Standar Kompetensi : 1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar     :1.2   Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada  berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan                        :       Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi  ilmu biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.


I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
·         Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
·         Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
·         Membuat makalah  tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

II.    Materi Ajar
·         Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1.      Objek
2.      Permasalahan
3.      Tingkat organisasi
·         Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi–Penugasan




Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi
·        Membuat makalah
·        Tugas mengumpulkan  informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya
·   Siswa Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi.

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
·         Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B.     Kegiatan inti (25 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah  tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.                Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·         Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

VI.             Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
·         Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
 NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................




1 komentar:

Mohon masukannya..